Main Article Content
Abstract
Abstrak
Berbagai temuan masalah yang tejadi di dalam dunia pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah mulai dari guru sering terlambat masuk kelas, bolos, guru sering pukul siswa, guru selingkuh dengan wali murid sehingga guru dipecat dari pekerjaannya, karena dianggap memalukan sehingga mempengaruhi citra lembaga pendidikan. Kemudiaan, ditemukan juga pegawai keamanan gasak uang sekolah dan kepala sekolah sebar kebohongan. Pendidik dan tenaga kependidikan menjadi sosok cermin dan pegangan bagi murid-muridnya. Mengajarkan ilmu pengetahuan, melatih, meneliti, mengembangkan, dan mendidik manusia yang bijaksana. Namun yang terjadi justru sebaliknya, sering ditemukan masalah pendidik dan tenaga kependidikan yang tidak semestinya dilakukan. Oleh karena itu, perlu adanya kegiatan pembinaan keislaman untuk pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan Sekolah Islam sehingga merubah prilaku-prilaku menyimpang dikalangan pendidik dan tenaga kependidikan. Serta dapat mengembalikan kepercayaan masyarakat sehingga menjadi solusi dari permasalahan yang disebutkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui materi-materi pembinaan keislaman pendidik dan tenaga kependidikan dalam kitab Bimbingan Islam untuk Hidup Muslim. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif jenisnya penelitian studi pustaka yang relevansi sesuai dengan permasalahan yang diteliti dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. Hasil temuannya yakni pengetahuan keislaman yang harus dimiliki seorang muslim terutama pendidik dan tenaga kependidikan yaitu mengetahui makna syahadat, bersuci (thaharah), pembahasan tentang shalat, puasa, zakat, infak, sedekah dan wakaf, tataca pelaksanaan ibadah haji, muamalah (transaksi ekonomi), mewujudkan keluarga muslim, dan pembahasan tentang akhlak seorang muslim.
Abstract
Various problems that occur in the world of educators and education personnel, ranging from teachers often being late to class, skipping classes, teachers often hitting students, and many others so that it affects the image of educational institutions. personnel become mirror figures and guides for their students. Teaching science, training, researching, developing and educating wise human beings. However, what happens is the opposite. There are often problems with that should not have been carried out. Therefore, it is necessary to have a program of Islamic coaching activities environment so as to change deviant behaviors among personnel. Purpose from this research is for know see materai founding islamic activities for educators and educational staff in the Islamic school in book guidance Islamic for life a muslim The research method used is qualitative research, a type of field research with a qualitative-descriptive approach study book a relevant in problems research. Output something found that is skill islamic have to property alone muslim is know purpose there is no god other than Allah, purified, discussion, about whorship, fasting month, zakat, religious meal, and religious poundation, method implentation whorship who has made the pilgrimage to mecca, transaction economics, give shape to a family muslim and study morals somebody muslim.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Manan, S. 2017. “Pembinaan Akhlak Mulia melalui Keteladanan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, Vol. 15, No. 1
- Roza, A. 2018. “Pola Pembinaan Guru PAI Profesional.” Jurnal Pendidikan Islam-Murabby, Vol. 1, No. 1
- Husaini, R. 2018. “Pembinaan Profesionalisme Guru.” Jurnal Tarbiyyah Islamiyyah-Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, Vol. 8, No. 2
- Novia, A. Siregar Lubis, W. 2017. “Manajemen Pendidikk dan Tenaga Kependidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Jurnal Educandum, Vol. 10, No. 1
- Bachtiar, M. Yusri. 2016. “Pendidik dan Tenaga Kependidikan.” Jurnal Publikasi Pendidikan, Vol. 4, No. 5
- Hatta, A. & Tamam, A.M. 2016. Bimbingan Islam Untuk Hidup Muslim Petunjuk Praktis Menjadi Muslim Seutuhnya Dari Lahir Sampai MatiBerdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah ﷺ. Maghfirah Pustaka. Jakarta Timur.
- Sieny, I.S. 2016. Menjawab Kontroversi Seputar Islam. Tartil Institute. Sukoharjo Jateng
- Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
- Mestika, Z. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan obor Indonesia. Jakarta
- Abidin, Z. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Perspektif Paradigma Baru Dalam Penelitian Pendidikan. Graha Widya Sakti. Bogor
- Sudjana, 2000. Manajemen Program Pendidikan Untuk Pendidikan Luar Sekolah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Falah Production. Bandung
- Faridl, M. 2004. Wawasan Islam Pokok-pokok Tentang Paradigma Dan Sistem Islam. Gema Insani Press. Jakarta
- Hamalik, O. 2007. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum, PT Remaja Rosdakarya. Bandung
- Isham, T. 2001. Al-Al-Qaradhawy Faqiihaan”, diterjemahkan Samso Rahman, Manhaj Fiqih Yusuf Al-Al-Qaradhawy. Al-Kautsar. Jakarta
- Sudirman, 2007. Zakat Dalam Pusaran Arus Modernitas, UIN Malang Press. Malang
- Sulaiman, 2003. Al-Qaradhawyy Fil Miizan”, diterjemahkan M Abdul Goffar “Pemikiran Yusuf al-Al-Qaradhawyy, dalam timbangan. Pustaka Imam Asy-Syafi’I. Bogor,
- Abdul. W. 2015. Penjelasan Pembatal Keislaman. Pustaka Imam Bonjol. Jakarta
- Jawas. Y. 2019. Prinsip Dasar Islam Menurut Al-Qur’an dan As-Sunnah yang Shahih. Pustaka At-Taqwa. Bogor,
- Sukmadinata, N. Saodih 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosda Karya. Bandung.
- Suyudi, 2013. Strategi pembelajaran Pendidikan Karakter. Remaja Rosdakarya Bandung
- Nata, A. 2019. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta
- Sanusi, F. 2016. Pendidikan Islam Berbasis Tashfiyah dan Tarbiyah. UIKA Pres. Bogor
- Jusuf, F. Amir.1995. Reorientasi Pendidikan Islam. Gema Insani Press. Jakarta
- Mansur, A.Tamam. 2017. Islamic Worldview Paradigma. Spirit Media Press. Jakarta Timur
- Tafsir, A. 2008. Filsafat Pendidikan Islam. Remaja Rosada Karya.Bandung
- Al-Hamat, A. 2015. Tarbiyah Jihadiyah Imam Bukhari. Ummul Qura.
- Supraha, W. 2018. Pemikiran George Sarton & Panduan Islamisasi Sains. Yayasan Adab Insan Mulia. Depok
- Muslim, Hayyie A. dan Supraha, W. 2018. Menumbuhkan Karakter Anak, CV Budi Utama. Yogyakarta