Main Article Content

Abstract

Abstrak


Berbagai temuan masalah yang tejadi di dalam dunia pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah mulai dari guru sering terlambat masuk kelas, bolos,  guru sering pukul siswa, guru selingkuh dengan wali murid sehingga guru dipecat dari pekerjaannya, karena dianggap memalukan sehingga mempengaruhi citra lembaga pendidikan. Kemudiaan, ditemukan juga pegawai keamanan gasak uang sekolah dan kepala sekolah sebar kebohongan. Pendidik dan tenaga kependidikan menjadi sosok cermin dan pegangan bagi murid-muridnya. Mengajarkan ilmu pengetahuan, melatih, meneliti, mengembangkan, dan mendidik manusia yang bijaksana. Namun yang terjadi justru sebaliknya, sering ditemukan masalah pendidik dan tenaga kependidikan yang tidak semestinya dilakukan. Oleh karena itu, perlu adanya kegiatan pembinaan keislaman untuk pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan Sekolah Islam sehingga merubah prilaku-prilaku menyimpang dikalangan pendidik dan tenaga kependidikan. Serta dapat mengembalikan kepercayaan masyarakat sehingga menjadi solusi dari permasalahan yang disebutkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui materi-materi pembinaan keislaman pendidik dan tenaga kependidikan dalam kitab Bimbingan Islam untuk Hidup Muslim. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif jenisnya penelitian studi pustaka yang relevansi sesuai dengan permasalahan yang diteliti dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. Hasil temuannya yakni pengetahuan keislaman yang harus dimiliki seorang muslim terutama pendidik dan tenaga kependidikan yaitu mengetahui makna syahadat, bersuci (thaharah), pembahasan tentang shalat, puasa, zakat, infak,  sedekah dan wakaf, tataca pelaksanaan ibadah haji, muamalah (transaksi ekonomi), mewujudkan keluarga muslim, dan pembahasan tentang akhlak seorang muslim.


Abstract


Various problems that occur in the world of educators and education personnel, ranging from teachers often being late to class, skipping classes, teachers often hitting students, and many others so that it affects the image of educational institutions. personnel become mirror figures and guides for their students. Teaching science, training, researching, developing and educating wise human beings. However, what happens is the opposite. There are often problems with that should not have been carried out. Therefore, it is necessary to have a program of Islamic coaching activities environment so as to change deviant behaviors among personnel. Purpose from this research is for know see materai founding islamic activities for educators and educational staff in the Islamic school in book guidance Islamic for life a muslim The research method used is qualitative research, a type of field research with a qualitative-descriptive approach study book a relevant in problems research. Output something found that is skill islamic have to property alone muslim  is know purpose there is no god other than Allah, purified, discussion, about whorship, fasting month, zakat, religious meal, and religious poundation, method implentation whorship who has made the pilgrimage to mecca, transaction economics, give shape to a family muslim and study morals somebody muslim.

Keywords

Pembinaan Keislaman Pendidik

Article Details

References

  1. Manan, S. 2017. “Pembinaan Akhlak Mulia melalui Keteladanan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, Vol. 15, No. 1
  2. Roza, A. 2018. “Pola Pembinaan Guru PAI Profesional.” Jurnal Pendidikan Islam-Murabby, Vol. 1, No. 1
  3. Husaini, R. 2018. “Pembinaan Profesionalisme Guru.” Jurnal Tarbiyyah Islamiyyah-Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, Vol. 8, No. 2
  4. Novia, A. Siregar Lubis, W. 2017. “Manajemen Pendidikk dan Tenaga Kependidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Jurnal Educandum, Vol. 10, No. 1
  5. Bachtiar, M. Yusri. 2016. “Pendidik dan Tenaga Kependidikan.” Jurnal Publikasi Pendidikan, Vol. 4, No. 5
  6. Hatta, A. & Tamam, A.M. 2016. Bimbingan Islam Untuk Hidup Muslim Petunjuk Praktis Menjadi Muslim Seutuhnya Dari Lahir Sampai MatiBerdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah ﷺ. Maghfirah Pustaka. Jakarta Timur.
  7. Sieny, I.S. 2016. Menjawab Kontroversi Seputar Islam. Tartil Institute. Sukoharjo Jateng
  8. Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
  9. Mestika, Z. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan obor Indonesia. Jakarta
  10. Abidin, Z. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Perspektif Paradigma Baru Dalam Penelitian Pendidikan. Graha Widya Sakti. Bogor
  11. Sudjana, 2000. Manajemen Program Pendidikan Untuk Pendidikan Luar Sekolah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Falah Production. Bandung
  12. Faridl, M. 2004. Wawasan Islam Pokok-pokok Tentang Paradigma Dan Sistem Islam. Gema Insani Press. Jakarta
  13. Hamalik, O. 2007. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum, PT Remaja Rosdakarya. Bandung
  14. Isham, T. 2001. Al-Al-Qaradhawy Faqiihaan”, diterjemahkan Samso Rahman, Manhaj Fiqih Yusuf Al-Al-Qaradhawy. Al-Kautsar. Jakarta
  15. Sudirman, 2007. Zakat Dalam Pusaran Arus Modernitas, UIN Malang Press. Malang
  16. Sulaiman, 2003. Al-Qaradhawyy Fil Miizan”, diterjemahkan M Abdul Goffar “Pemikiran Yusuf al-Al-Qaradhawyy, dalam timbangan. Pustaka Imam Asy-Syafi’I. Bogor,
  17. Abdul. W. 2015. Penjelasan Pembatal Keislaman. Pustaka Imam Bonjol. Jakarta
  18. Jawas. Y. 2019. Prinsip Dasar Islam Menurut Al-Qur’an dan As-Sunnah yang Shahih. Pustaka At-Taqwa. Bogor,
  19. Sukmadinata, N. Saodih 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosda Karya. Bandung.
  20. Suyudi, 2013. Strategi pembelajaran Pendidikan Karakter. Remaja Rosdakarya Bandung
  21. Nata, A. 2019. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta
  22. Sanusi, F. 2016. Pendidikan Islam Berbasis Tashfiyah dan Tarbiyah. UIKA Pres. Bogor
  23. Jusuf, F. Amir.1995. Reorientasi Pendidikan Islam. Gema Insani Press. Jakarta
  24. Mansur, A.Tamam. 2017. Islamic Worldview Paradigma. Spirit Media Press. Jakarta Timur
  25. Tafsir, A. 2008. Filsafat Pendidikan Islam. Remaja Rosada Karya.Bandung
  26. Al-Hamat, A. 2015. Tarbiyah Jihadiyah Imam Bukhari. Ummul Qura.
  27. Supraha, W. 2018. Pemikiran George Sarton & Panduan Islamisasi Sains. Yayasan Adab Insan Mulia. Depok
  28. Muslim, Hayyie A. dan Supraha, W. 2018. Menumbuhkan Karakter Anak, CV Budi Utama. Yogyakarta