Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk memaparkan tujuan pendidikan islam yang dimuat dalam materi ajar Bahasa Indonesia di SMP Bandung Islamic School (BISc). Metode penelitian yang dilakukan ialah metode analisis isi (content analysis) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan  (KTSP) SMP BISc dan materi ajar Bahasa Indonesia kelas VII SMP BISc berdasarkan kurikulum darurat. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa materi ajar Bahasa Indonesia mengacu pada Al-Qur’an dan As-Sunnah sebagai upaya mewujudkan tujuan pendidikan islam dalam pembelajaran umum. Melalui model teks pada materi teks deskripsi, teks narasi, teks prosedur, serta surat pribadi dan surat dinas yang disajikan secara kontekstual di SMP BISc, telah merepresentasikan tujuan pendidikan berupa pengupayaan pembentukan akhlak mulia, persiapan bekal kehidupan di dunia dan akhirat, pertimbangan manfaat segala ilmu, menumbuhkan semangat imiah, dan menggali potensi vokasional bagi para siswa.


This study intends to describe the objectives of Islamic education contained in Bahasa Indonesia teaching materials at SMP Bandung Islamic School (BISc). The research method used is the content analysis method for SMP BISc of Education Unit Level Curriculum (KTSP) and 7th grade Bahasa Indonesia teaching materials.  The results of the study indicate that the Indonesian language teaching materials in SMP BISc refer to the The Qur'an and As-Sunnah as an effort to realize the goals of Islamic education in general learning. Through text models on descriptive text material, narrative texts, procedural texts, as well as personal and official letters that are presented contextually at SMP BISc, they have represented the purpose of education in the form of efforts to form moral character, prepare provisions for life in the world and the hereafter, consider the benefits of all knowledge, foster a scientific spirit, and explore the vocational potential for students.

Keywords

Bahasa Indonesia materi ajar sekolah islam tujuan pendidikan islam Islamic education goals Islamic schools teaching materials

Article Details

References

  1. Abunnada. 2020. Kisah Shahih Para Nabi dan Rasul (Berdasarkan Kitab Ibnu Katsir). Tangerang Selatan: Ahlan Pustaka Umat.
  2. Al-Abrasyi, M. Athiyah. 1969. al-Tarbiyah al-Islâmiyyah wa Falsafatuhâ. Kairo: ‘Isâ al-Bâbi al-Halabi.
  3. BISc. 2021. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMP Bandung Islamic School. Bandung: SMP Bandung Islamic School.
  4. Chodijah, S. 2011. Pendidikan Menurut Filsafat Pendidikan Islam. Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, Vol. 9, No.2, 243-264.
  5. Danim, S. 2013. Pengantar Kependidikan: Landasan, Teori, dan 234 Metafora Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  6. Daulay, H.P. 2014. Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat. Jakarta: Kencana.
  7. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. 2017. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  8. Haningsih, S. 2008. Peran strategis pesantren, madrasah dan sekolah islam di Indonesia. El-Tarbawi, Vol. 1, No. 1, 27-39.
  9. Harsiati, T., Trianto, A., & Kosasih, E. 2017. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Puskurbuk, Balitbang, Kemdikbud.
  10. Hasibuan, N. 2014. Tujuan Pendidikan Islam Dalam Perspektif Alquran. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, Vol. 2, No. 2.
  11. Ismail, A.F. 2018. Ibnu Katsir: Kisah Para Nabi: Kisah 31 Nabi dari Adam hingga Isa ‘alaihis salam (Versi Tahqiq Prof. Dr. Abdul Hayy Al-Farmawi). Jakarta: Ummul Qura.
  12. Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. (2022). Quran Kemenag, diakses pada 25 Juni 2022, https://quran.kemenag.go.id/
  13. Kosasih, & Endang Kurniawan. 2020. Jenis-jenis Teks: Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan. Bandung: Yrama Widya.
  14. May, A. 2015. Melacak Peranan Tujuan Pendidikan dalam Perspektif Islam. Tsaqafah, Vol. 11, No. 2, 209-222.
  15. Nurrohmah, M. R., & Syahid, A. 2020. Tujuan Pendidikan Perspektif Al-Quran dan Pendidikan Barat. Attractive: Innovative Education Journal, VOl. 2, No. 2, 34-44
  16. Ornstein, A.C., Levine, D.U., Gutek, G.L., & Vocke, D.E. 2008. Foundation of Education. Wadsworth: Cengange Learning.
  17. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 37 Tahun 2018
  18. Puspita, W. 2016. Pentingnya Analisis Lingkungan Internal Bagi Pencapaian Tujuan Lembaga Pendidikan Islam. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 2, 120-136.
  19. Rohinah, R. 2013. Filsafat Pendidikan Islam; Studi Filosofis atas Tujuan dan Metode Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 2, 309-326.
  20. Martin, J.R & Roses, D. 2012. Genres and Texts: Living in The Real World. Indonesian Journal Systemic Fungcional Linguistic. Vol 1, No. 1, 1-21.
  21. Sofia, W. N. 2021. Interpretasi Imam Al-Maraghi dan Ibnu Katsir Terhadap Qs. Ali Imran Ayat 190-191: Imam Al-Maraghi and Ibn Kathir's Interpretation of Qs. Ali Imran Verses 190-191. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, Vol. 2, No. 1, 41-57.
  22. Surat Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Nomor 018/H/KR/2020 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Berbentuk Sekolah Menengah Atas untuk Kondisi Khusus.
  23. Tim Guru BISc. 2021a. Al-Khulashoh First Edition: 7th Grade Odd Semester. Bandung: BISc Press.
  24. Tim Guru BISc. 2021b. Al-Khulashoh Second Edition: 7th Grade. Bandung: BISc Press.
  25. Tim Guru BISc. 2022a. Al-Khulashoh Third Edition: 7th Grade Even Semester. Bandung: BISc Press.
  26. Tim Guru BISc. 2022b. Al-Khulashoh Fourth Edition: 7th Grade Even Semester. Bandung: BISc Press.
  27. Undang-undang Republik Indonesia Sisdiknas No 20 tahun 2003