Main Article Content

Abstract

Mempelajari al-Qur’an adalah kewajiban. Salah satu bagian mempelajari alQur’an yaitu membaca al-Qur’an tersebut. Membaca al-Qur’an sesuai dengan bacaan yang diajarkan Rasulullah SAW dan para sahabatnya, sebagaimana alQur’an diturunkan. Oleh karena itu membaca al-Qur’an sesuai dengan tajwid merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Tajwid merupakan ilmu  ilmu tentang cara baca al-Qur’an secara tepat, yaitu dengan mengeluarkan bunyi huruf dari asal tempatnya (makhraj), sesuai dengan karakter bunyi (sifat) dan konsekuensi dari sifat yang dimiliki huruf tersebut, mengetahui dimana harus berhenti (waqaf) dan dimana harus memulai bacaannya kembali (ibtida’). Revolusi Industri 4.0 menyediakan pengajar dan pendidik serta mahasiswa berbagai jenis aplikasi yang dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kehadiran teknologi juga memberikan kesempatan mahasiswa untuk belajar secara mandiri. Artikel ini bertujuan untuk menemukan penggunaan aplikasi BMA sebagai media bantu untuk mempelajari ilmu tajwid sehingga kemampuan membaca Alqur’an mahasiswa dapat ditingkatkan.


Studying the Qur'an is an obligation. One part of studying the Koran is reading the Koran. Read the Qur'an in accordance with the readings taught by Rasulullah SAW and his companions, as the Qur'an was revealed. Therefore reading the Qur'an in accordance with tajwid is an obligation for every Muslim. Tajweed is the science of how to read the Qur'an correctly, namely by removing the sound of the letter from its place of origin (makhraj), according to the character of the sound (properties) and the consequences of the properties of the letter, knowing where to stop (waqaf). and where to start reading again (ibtida'). The Industrial Revolution 4.0 provides teachers and educators as well as students with various types of applications that can create a fun learning environment to achieve learning goals. The presence of technology also provides opportunities for students to study independently. This article aims to find the use of the BMA application as an auxiliary medium for studying recitation so that students' Alqur'an reading skills can be improved.

Keywords

Al-Qur’an mahasiswa membaca tajwid teknologi Al-Qur'an reading students technology

Article Details

References

  1. Abdelshaheed, B. S. M. (2017). Using Flipped Learning Model in Teaching English
  2. Language among Female English Majors in Majmaah University, 10(11), 96–
  3. 110. https://doi.org/10.5539/elt.v10n11p96
  4. Aliyah, S. (2017). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Membaca Al Qur ’ an Melalui Teknik Mind Mapping Pada Siswa Kelas XI IPS2 SMA 1 Cepiring
  5. Siti Aliyah SMAN 1 Cepiring Email : aliyahprast@gmail.com Abstract
  6. Pendahuluan Kenyataan yang terjadi di SMAN 1 Cepiring Kabupa. Nadwa, 11, 43–65.
  7. Anggraeni, C. W. (2018). Promoting Education 4 . 0 in English for Survival Class : What are the Challenges ? METATHESIS Journal of English Language,
  8. Literature, and Teaching, 2(1), 12–24.
  9. https://doi.org/10.31002/metathesis.v1i2.676
  10. Carroll, J. B. (1993). Human Cognitive Abilities: A Survey of Factor-Analytic
  11. Studies. Educational Researcher. https://doi.org/10.1017/CBO9780511486371
  12. Darwin. (2018). Pengaruh Penguasaan Ilmu Tajwid dan Tahsin Terhadap Hasil Belajar Al-Quran (Studi kasus pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri I Kendari Sulawesi Tenggara). Jurnal Fikratuna, 9(1), 82–91.
  13. Endraswara, S. (2016). Saatnya Memandang Dunia Lain. In Seminar Nasional Language Education and Literature (LANGEL) ke-1 (pp. 1–20). Jakarta.
  14. Grugulis, I., & Stoyanova, D. (2010). Skill and Performance. British Journal of
  15. Industrial Relations, 1–22. https://doi.org/10.1111/j.1467-8543.2010.00779.x
  16. Halimah, Helmie, J., & Susilawati, N. (2018). Orai Application to Promote Autonomous Learning to English Learner at Senior High School. IJET, 7(2), 110–117.
  17. Halimah, Ibrahim, G. A., & Lustyantie, N. (2019). Technology CLL to Foster Student’s Speaking. In Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management (pp. 2389–2399). Pilzen: IEOM Society International.
  18. Imane, K. K. (2016). Enhancing EFL Learners’ Speaking Skill Through Effective Communicative Activities and Strategies. UNIVERSITY OF TLEMCEN.
  19. Ismail, A., & Wardani, A. (2019). Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Android. In Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komputer 2019 SEMANTIK 2019 (pp. 56–65).
  20. Mahyuni, T. I. dan E. (2013). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Al Quran Hadits Di Min Rukoh Darussalam Banda Aceh. Jurnal Pionir, 1(1), 1–
  21. 12.
  22. Mubarak, H. (2013). Upaya Guru Al-qur ’ an dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-qur ’ an. Studia Insania, 1(1), 39–51.
  23. Prasojo, A. D. (2019). Penggunaan Metode Tahsin Terhadap Kemampuan Membaca Alquran pada Mata Pelajaran Alquran Hadits Kelas V Di Mima IV Sukabumi Bandar Lampung Tp 2018/2019. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
  24. Rizki, M. (2016). Pembinaan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Mahasiswa Prodi
  25. Pendidikan Agama Islam Melalui Program Ma’had Al-Jamiah UIN ArRaniry. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.
  26. Salkhord, S., Gorjian, B., & Pazhakh, A. (2013). The effect of digital stories on reading comprehension: an internet-based instruction for iranian efl young learners. International Journal of Language Learning and Applied Linguistics World (IJLLALW), 2737(4), 4.
  27. Sembodo, B. P. (2019). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pai Materi Pokok
  28. Hukum Bacaan Qalqalah Dan Ra’ Melalui Metode Drill Pada Siswa Kelas VIII SMP Ma’arif 5 Ngrupit Ponorogo 2018-2019. Institute Agama Islam Negeri Ponorogo.
  29. Setiyani, R., Badruzzaman, N., & Muhajang, T. (2018). Pengaruh Penguasaan Ilmu Tajwid Terhadap Minat Membaca Al-Qur’an. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2018 PGSD – Universitas Pakuan (pp. 105–110).
  30. Sholikhah, L. (2019). Pengaruh Penguasaan Ilmu Tajwid Terhadap Kemampuan
  31. Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VIII di MTS Fatahillah Bringin Ngalian Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
  32. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  33. Taki, S. (2011). Learning Vocabulary via Mobile Phone : Persian EFL Learners in Focus, 2(6), 1252–1258. https://doi.org/10.4304/jltr.2.6.1252-1258
  34. Tiara, W. A., Wahidin, U., & Wartono. (2019). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Mengatasi Kesulitan Membaca dan Menulis Alquran pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 14 Kota Bogor Tahun Ajaran 2018/2019. In Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam (pp. 39–46).