Main Article Content

Abstract

Metode merupakan cara yang fungsinya sebagai alat untuk mencapai tujuan. Semakin tepat metodenya maka diharapkan semakin efektif pula dalam pencapaian tujuan tersebut. Pada kenyataannya metode pembelajaran diniyyah (Pendidikan Agama Islam) termasuk mata pelajaran tauhid terkadang terlihat kurang menarik, kolot dan membosankan sehingga hal tersebut berdampak pada animo peserta didik saat pembelajaran tauhid disampaikan terlihat sering mengantuk, terkesan malas-malasan, suasananya gaduh dan bahkan kurang peduli. Maka penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang konsep berbagai metode pembelajaran tauhid yang relative komprehensif dan cukup aplikatif menurut Syaikh Dr. Bakar bin Abdullah Abu Zaid dalam kitab Hilyatu Thālib al-‘Ilmi yang bisa diterapkan pada siswa SMP/MTs. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif, jenis pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pemikiran tokoh, dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep metode pembelajaran tauhid menurut Bakar bin Abdullah Abu Zaid bagi pelajar SMP dalam kitab Hilyatu Thālib al-‘Ilmi diklasifikasikan ke dalam 7 (tujuh) macam metode pembelajaran, meliputi: Menghapal mukhtashar, mempelajarinya dihadapan guru yang pandai ahli dan amānah, tidak menyibukkan diri dengan kitab besar dan berbagai macam kitab sebelum mempelajari dan mantap dalam ilmu dasarnya, jangan berpindah dari satu kitab mukhtashar  kepada kitab lain tanpa alasan yang kuat, mencatat faedah-faedah ilmiah dan kaidah-kaidah ilmiahnya, menyatukan jiwa dan bersungguh-sungguh untuk menuntut ilmu, talaqqi ilmu langsung bertatap muka dengan Para Ulama.


The method is a method that functions as a means to reach the goal. The more precise the method, it is hoped that the more effective it will be in achieving these goals. In fact, the diniyyah learning method (Islamic Religious Education), including the subject of tauhid, sometimes looks less attractive, old-fashioned, and boring so that it has an impact on the interest of students when learning tauhid is delivered, they are often sleepy, seem lazy, the atmosphere is noisy and even less concerned. So this research aims to discuss the concept of various tauhid learning methods that are relatively comprehensive and quite applicable according to Dr. Bakar bin Abdullah Abu Zaid in the book Hilyatu Thālib al-'Ilmi which can be applied to SMP / MTs students. This research is a qualitative descriptive research type, the type of research approach used in this research is the study of a character thinking, and the data collection technique used in this research is to use the documentation method. The results showed that the concept of tauhid learning method according to Bakar bin Abdullah Abu Zaid for junior high school students in the book Hilyatu Thālib al-'Ilmi is classified into 7 (seven) kinds of learning methods: memorizing the summary, learning it in front of teachers who are clever experts and amānah, not preoccupying yourself with large books and various kinds of books before studying and being steady in basic science, do not move from one summary book to another without good reason, taking notes scientific benefits and scientific principles, uniting the soul and being serious to study, the Talaqqi of knowledge came face to face with the Ulama.

Keywords

Bakar Abu Zaid Metode Pembelajaran Tauhid Learning methods

Article Details

References

  1. Abu Zaid, BA. 2002. Hilyatu Thālib al’Ilmi. Muassasah al-Risalah, Beirut.
  2. al-‘Ied, US. 2005. Ahammiyatuhu wa Tsimaruhu, al-Maktab al-Ta’awuni li al-Dakwah wa al-Irsyad, as-Sulay Riyadh.
  3. al-Sa’dun, AAN. 2012. Mabaahits fi Tharaaiq Tadris al-Tarbiyyaj al-Islamiyyah wa Asaalibi Taqwiimihaa.
  4. Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek.
  5. al-Utsaimin, MS. 2018. Ulasan Tuntas Tentang Tiga Prinsip Pokok, (terj.) Zainul Abidin Syamsuddin dari judul asli Syarhu Tsalatsatul Ushul, Darul Haq, Jakarta.
  6. Bungin, B. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
  7. Febriana, R. 2019. Kompetensi Guru, Bumi Aksara, Jakarta.
  8. Furchan, A & Maimun A. 2005. Studi Tokoh; Metode Penelitian Mengenai Tokoh, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
  9. Katsir, I. 2000. Tafsir al-Qur’an al-‘Adzim, Dar Ibnu Hazm, Beirut.
  10. Nata, A. 2017. Ilmu Pendidikan Islam, Kencana, Jakarta.
  11. Yusri, M. 2008. Thoriqul Hidaayah – Mabaadiu wa Muqaddimaatu ilmi al-Tauhid ‘inda Ahlis Sunnah wal Jama’ah, Daarul Yusr, Kairo.
  12. Sa’adillah, R., 2020. “Membedah-bagaimana-pembelajaran-pendidikan-agama-islam-dengan-metode-saintifik”, diakses pada 20 Juni 2020 Pukul 20:16 WIB, https://www.timesindonesia.co.id/read/news/279505/membedah-bagaimana-pembelajaran-pendidikan-agama-islam-dengan-metode-saintifik.